Kamis, 08 November 2012

RESUME



PENGARUH BRAND IMAGE SPEEDY TELKOM
                       TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN    
Speedy merupakan value added dari telepon fixed wirelne. Speedy merupakan layanan broadband akses internet  melalui kabel telepon jaringan metal maupun beberapa jaringan fiber optic yang sudah banyak digunakan pelanggan telepon dengan menggunakan teknologi ADSL. Hak menarik yang dimiliki oleh speedy terletak pada beragamnya paket layanan yang ditawarkan kepada konsumen dengan berbagai tingkatan harga yang berbedabeda pula. Keberagaman paket merupakan upaya perusahaan untuk melayani konsumen dari sejuumlah kalangan yang berbeda. Selama kurun waktu 2008-2009 pertumbuhan penduduk Speedy Telkom di Kandatel Semarang kurang begitu menjanjikan. Walaupun terjadi peningkatan dalam penjualan produk, namun di sisi lain terdapat juga penigkatan pelanggan yang mencabut atau berhenti berlangganan. Banyaknya angka cabutan merupakan indikasi atas lemahya loyalitas pelanggan. Berdasarkan  kondisi yang saat ini dialami oleh Speedy Telkom, penelitian ditunjukkan untuk mengevaluasi pengaruh dari Brand Image Speedy Telkom terhadap loyalitas pelanggan dengan fokus pelanggan Speedy Telkom yang berdomisili di area Kecamatan Banyumanik Semarang.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah; yang pertama melakukan studi pendahuluan, perumusan masalah, dan tujuan penelitian. Proses ini dilakukan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan. Yang kedua adalah studi pustaka yang dibagi menjadi empat bagian yaitu; Merek (merek yang baik mempresentasikan kepercayaan), Brand Image (persepsi pelanggan terhadap suatu merek. Terdapat keuntungan, kekuatan&keunikan dari asosiasi merek), loyalitas pelanggan (komitmen  pelanggan untuk pembelian berulang-ulang suatu produk atau layanan di masa datang dengan merek sama), hubungan antara Brand Image dan Loyalitas Pelanggan. Yang ketiga adalah identifikasi variabel penelitia (konstruk, dimensi, elemen, dan item-item pernyataan yang digunakan untuk mengevaluasi pengaruh Brand Image Speedy Telkom terhadap loyalitas pelanggan), penyusun kuesioner dan sampel penelitian (penentuan sampel dilakukan dengan metode random sampling. Yang keempat adalah pengolahan data (kuesioner disebarkan kepada pelanggan dua kali, pertama untuk mengetahui apaah kuesioner yang dibuat telah valid dan reliabel setelahitu dilakukan penyebaran tahap kedua. Yang kelima adalah penarikan kesimpulan dan saran.
Hasil dan Pembahasan dibedakan menjadi yang pertama adalah uji validitas (kesesuaian antara skor hasil tes terhadap kalitas yang diyakini dimiliki oleh apa yang diukur. Yang kedua adalah uji reliabilitas (indeks yang menunjukkan sejauh mana suatu alat ukur dapat dipercaya atau dapat diandalkan.
Secara singkat dapat dikatakan bahwa diantara ketiga faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, faktor kekuatan dari asosiasi merek merupakan faktor yang pengaruhnya paling signifikan dibandingkan dengan dua faktor lainnya.  Untuk meningkatkan kekuatan dari asosiasi merek dapat dilakukan dengan cara menjaga serta meningkatkan kualitas koneksi internet pada seedy, dan juga dapat menguatkan nama baik speedy di kalangan masyarakat.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa brand image yang terdiri dari keuntungan, kekuatan, daan keunikan dari asosiasi merek secara bersama-sama berpengruh terhadap loyalitas pelanggan speedy di kecamatan Banyumanik, Semarang. Didapatkan hasil bahwa variabel kekuatan dari asosiasi merek mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan variabel keuntungan dan keunikan dari asosiasi merek tidak berpengaruh signifikan namun memiliki pengaruh yang positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar